Nikmatnya bersepeda dari pada menggunakan motor

apakah anda tau mengapa bersepeda lebih nikmat dari pada menggunakan sepeda?
pasti sebagian sebesar udah pada tau kan?

nah kita coba buktikan nikmatnya bersepeda dari pada menggunakan motor.
kita langsung aja ke TKP, hahaha. :p


sebenarnya bersepeda itu lebih nikmat di karenakan  bersepeda itu tidak menyebabkan berpolusi udara dan lebih menyehatkan.
emang ketimbang motor yang lebih cepat nyampenya ketimbang sepeda dikarenakan motor menggunakan mesin dan bensin sehingga motor lebih cepat. di bandingkan dengan bersepeda yang hanya mengoes sepeda dengan menjalankannya dan bersepeda juga menyehatkan.

Saya membayangkan, kapan pengguna sepeda di negeri ini bisa menikmati berbagai kemudahan. Seperti jalur khusus dan parkir khusus. Bukankah selama ini jika kita ingin menitipkan sepeda ditempat parkir harus diletakan disela-sela motor? Pernah juga pada suatu waktu, saya kesulitan memarkir sepeda disebuah toko buku terkenal di kota surabaya. Toko ini hanya menyediakan ruang kecil diujung untuk parkir sepeda. Itupun dibiarkan apa adanya. Benar-benar memprihatinkan.
Dari sejumlah literatur yang pernah saya baca, di negara-negara eropa maju, seperti Jerman, Perancis dan Belanda masyarakat pengguna sepeda diberikan hak istimewa. Misalkan dengan menyediakan parkir khusus sepeda, juga jalur-jalur yang memang disediakan untuk kendaraan roda dua ini. Yang jelas mereka tidak lagi diperlakukan lagi sebagai pengguna jalan kelas dua. Pemerintah setempat sadar bahwa peningkatan populasi pengguna sepeda telah membawa dampak luar biasa bagi pengurangan kemacetan dan polusi udara. Di sana, ke kampus, ke kantor, ke sekolah dan ke tempat kerja dengan sepeda merupakan hal yang lumrah. Masing-masing instansi juga memiliki parkir khusus sepeda, semua ditata rapi. Dan yang paling penting, mereka tidak pernah gengsi untuk naik sepeda.

nah makannya itu sebaiknya teman-teman bersepeda untuk menghindari dari berpolusi udara dan dengan bersepeda juga menyehatkan bagi kita dan kapankah kita sperti negara jerman,perancis,dan belanda yang menggunakan sepeda sebagai rutinitas sehari-hari? pasrti lebih nikmat ya.  :)

sumber berasal dari :  http://harunhdr.multiply.com/journal/item/12

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar